Doa Perdamaian[1]

 

Ya Bapa Surgawi, Engkau yang mengasihi kami manusia meskipun kelemahan kami, Engkau yang mengajar kami tentang kebajikan dan kasih terhadap sesama. Kami datang ke hadiratMu dengan rasa syukur atas peristiwa sore ini.

Kami sadar ya Allah bahwa pertemuan damai semacam ini adalah AnugrahMu semata-mata yang Engkau limpahkan kepada kami manusia, bahwa ditengah situasi dunia yang cenderung menawarkan kehidupan yang keras dan penuh kebencian, Engkau menggerakkan hati teman-teman panitia untuk mengumpulkan kami disini, mencari kesejukan dan kedamaian dalam kebesaranMu.

 

Ya Allah Sumber kehidupan kami, kami mau mengingat semua saudara-saudara kami dari latarbelakang dan kelompok manapun mereka, yang menderita bahkan harus mati dengan sia-sia akibat perbuatan sesamanya manusia. Kami percaya bahwa Engkau hadir dengan penghiburanMu disaat-saat kritis mereka. Bagi mereka yang tengah dirawat di rumah sakit, kami mohon penyembuhan dariMu. Pulihkan kesehatan dan jiwa mereka. Kami juga mau mengingat semua orang yang saat ini masih harus hidup dalam ketakutan dan di bawah ancaman. Tuhan berikan kekuatan dan pengharapan.

 

Ya Allah yang maha Kasih, tuntun kami untuk selalu sadar bahwa setiap bentuk kekerasan, dendam dan kebencian pada akhirnya akan menghancurkan kemanusiaan dan menyangkal kuasaMu.Ya Allah, tuntun dan baharui pemikiran semua orang yang membenci bahkan yang mampu membunuh sesamanya manusia atas alasan apapun.

 

Kami berdoa bagi mereka yang hidupnya terancam karena mengupayakan keadilan dan perdamaian. Berikan pengharapan bahwa Engkau menyertai mereka dan bahwa perjuangan mereka tidak akan pernah sia-sia. Berkati setiap kerja dan upaya yang mendatangkan damai yang dilakukan oleh setiap orang atau kelompok agar kasihMu semakin nyata ditengah dunia ini

 

Ya Allah, bimbing kami

dari kehidupan yang mematikan kepada suatu kehidupan yang berharkat dan yang seturut dengan kehendakMu;

dari kehidupan yang penuh dengan kebencian dan dendam kepada kehidupan yang damai dan penuh ampun;

dari kehidupan yang berputus asa kepada kehidupan yang berpengharapan;

dari kehidupan yang penuh ketakutan dan saling curiga kepada kehidupan yang saling percaya dan mengasihi.

 

Biarlah damai sejahteraMu memenuhi hati kami semua, supaya kami dimampukan olehMu untuk bersama-sama semua orang bermimpi, bersama-sama berdoa dan bersama-sama bekerja untuk menghadirkan suatu dunia yang damai dan adil bagi semua umat dan ciptaanMu.

Amin



[1] Doa bersama tgl. 18 Des.2002, di Ratu Mall-Makassar